PELABUHAN TANJUNG PINANG

Pelabuhan ini berada di Pulau Bintan, tepatnya di Kota Tanjung Pinang. Tanjung Pinang adalah ibukota Kabupaten Bintan, yang dulu pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau Lingga. Kota ini memiliki banyak daerah wisata seperti Pulau Penyengat, Pantai Trikora yang terkenal sampai ke mancanegara.

Pelindo cabang Tanjung Pinang mengelola tiga Pelabuhan, yakni Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pelabuhan Sri Payung (UBM), dan Pelabuhan Penumpang dan Petikemas Sei Kolak Kijang.

Pelabuhan Sri Bintan Pura menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan lokal dan mancanegara untuk menuju ke Kota Tanjung Pinang dan Pulau Bintan. Pelabuhan ini menghubungkan Tanjung Pinang dengan pelabuhan-pelabuhan di sebelah utara (Pelabuhan Lobam dan Pelabuhan Bulan Linggi) dengan kepulauan di sebelah barat, seperti pelabuhan Tanjung Balai di Karimun, Pelabuhan Telaga Punggur di Batam, kepulauan di sebelah selatan seperti pulau Lingga dan Singkep, Natuna, dan seluruh pelabuhan di Kepulauan Riau. Pelabuhan Sri Bintan Pura juga mempunyai jalur perhubungan ke Singapura (Harbour Front dan Tanah Merah) serta Malaysia (Stulang Laut). Beberapa jenis kapal yang mempunyai jalur pelayaran dari dan ke Pelabuhan Sri Bintan Pura antara lain kapal feri cepat dan  kapal perintis.