Jakarta, 29 Desember 2021 – Wujudkan pelayanan operasional Pelabuhan yang bersih dan bebas dari pungutan liar, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan insan maritim Pelabuhan menandatangani Pakta Integritas Bersama pada Selasa, 28 Desember 2021. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan pelayanan prima yang melibatkan seluruh stakeholders di lingkungan kerja Pelabuhan.
Penandatanganan yang dilakukan secara hybrid dan serentak di seluruh wilayah pelabuhan dan terminal yang dikelola oleh Pelindo dan dihadiri langsung oleh seluruh Insan Maritim Pelabuhan seperti Instansi Pemerintah, Terminal Operator, Asosiasi Kepelabuhanan dan Pengguna Jasa.
“Ini adalah salah satu bentuk langkah nyata Pelindo untuk memperkuat komitmen bersama seluruh Insan Maritim Pelabuhan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, sehingga menjadikan lingkungan Pelabuhan bebas dari praktik pungli,” ungkap Direktur Strategi Pelindo, Prasetyo dalam sambutannya.
Untuk memastikan hal ini terimplementasi secara menyeluruh, tidak hanya Regional Head 1 - 4 yang menjadi perwakilan Pelindo dalam penandatanganan ini, tetapi juga perwakilan petugas lapangan Pelindo Group seperti Petugas Kepil, Kru Kapal, Petugas Control Tower, Petugas Operator QCC, Petugas Operator RTG/RMGC, Petugas Operator Reach Stacker dan Petugas Tally juga turut serta menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Pelabuhan bersih dari praktik pungli.
Adapun dari perwakilan pelayanan publik yang turut menandatangani antara lain adalah Instansi Pemerintah seperti Kantor Otoritas Pelabuhan, Kantor Syahbandar, Kantor Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi Pelabuhan, Kantor Karantina Pelabuhan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.
Pakta Integritas Bersama ini juga didukung oleh Asosiasi Kepelabuhanan seperti DPC Indonesia National Shipowners’ Association (INSA), DPC Indonesia Shipping Agency Association (ISAA), DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia / Indonesian Logistics & Forwarders Association (ALFI/ILFA), BPD Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI), Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), dam DPW Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI). Dan yang terakhir, perwakilan Pengguna Jasa Kepelabuhanan di seluruh wilayah pelabuhan dan terminal yang dikelola oleh Pelindo.
“Saya harap dengan Pakta Integritas Bersama ini kita jadi bersih dari KKN selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo, dan semoga hal baik ini dapat diimplementasikan di seluruh Indonesia,” ujar Yodi Rian Pratama dari PT Tujuh Benua Raya sebagai salah satu perwakilan pengguna jasa Pelindo.
Ketua Umum DPW ALFI/ILFA DKI Jakarta, Adil Karim mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan hari bersejarah untuk seluruh pelabuhan di Indonesia yang dikelola Pelindo, ini adalah komitmen bersama untuk pelabuhan mempunyai wajah baru, yang tentunya akan menarik investasi di Indonesia dengan menjanjikan pelabuhan yang bersih. Kami berharap agar SLA/SLG nya terstandardisasi, sehingga mampu menghilangkan praktik manipulasi dan KKN.
“Kami sangat optimis dengan Pelindo bahwa banyak cita-cita yang ingin dicapai, memang masih banyak hal yang belum sempurna, dan ini tugas yang sulit untuk meningkatkan satu standar di seluruh pelabuhan Indonesia, tetapi yang terpenting kita semua berusaha, saya yakin bahwa setiap insan Pelindo pasti bisa meningkatkan performance, sehingga mampu menurunkan logistic cost,” ujar Faty Khusumo, Wakil Ketua Umum VII INSA.
Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wisnu Handoko mengapresiasi Pelindo yang telah menginisiasi kegiatan penandatanganan Pakta Integritas ini, adapun hal ini seiring dengan program Pemerintah untuk menjadikan Pelabuhan sebagai wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi yang bersifat melayani.
“Hal ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk mewujudkan Pelabuhan yang melayani secara internasional maupun domestik yang didukung oleh stakeholders. Kedepannya kami harapkan bahwa semua layanan, baik layanan operasi kapal, maupun layanan kepelabuhanan dan jasa-jasa terkait bisa lebih transparan, lebih melayani secara bersih, bebas dari pungli, bebas dari KKN, sehingga kedepannya bisa menekan biaya logistik,” tambah Wisnu Handoko.
Hadir secara daring, Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto menyampaikan bahwa komitmen ini harus dilakukan bersama-sama, bukan hanya dari instansi terkait dan Pelindo yang melayani tetapi juga Pengguna Jasa. Karena praktik pungli terjadi karena ada pemberi dan penerima. Oleh karena itu, Pengguna jasa dimohon dengan hormat untuk tidak lagi memberikan apapun kepada seluruh Insan Pelabuhan termasuk petugas Pelindo dimanapun baik yang di laut dan di darat seperti terminal maupun kantor.
“Dalam era digital ini, Bapak dan Ibu sudah tidak perlu lagi datang ke kantor kami, artinya semua transaksi bisa dilakukan jarak jauh atau secara digital, sehingga tidak ada transaksi under table. Kami manajemen Pelindo berkomitmen untuk menindak langsung apabila ada personil kami yg melakukan hal-hal tidak terpuji,” tutup Putut.
25 Jul 2021
Proses sinergi dan integrasi BUMN dalam layanan pelabuhan yang melibatkan PT Pelabuhan Indonesia I,....
Selengkapnya27 Jun 2021
Perkembangan industri yang semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi serta kondi....
Selengkapnya01 Oct 2021
Jakarta, 1 Oktober 2021 – Merger Pelindo secara resmi telah terlaksana, dengan ditandatanganin....
Selengkapnya06 Oct 2021
PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan peringkat AAA kepada PT Pelabuhan Indonesia (Pers....
Selengkapnya10 Nov 2021
Jakarta, 10 November 2021 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo, perusahaan h....
Selengkapnya29 Nov 2021
Jakarta, 29 November 2021 - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo bersinergi dengan Kementerian....
Selengkapnya14 Oct 2021
Merger atau penggabungan BUMN Pelabuhan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mel....
Selengkapnya05 Nov 2021
Glasgow, 5 November 2021 – Dua Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Superintend....
Selengkapnya06 Dec 2021
Jakarta, 6 Desember 2021 - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo optimis kembali menyambut d....
Selengkapnya09 Dec 2021
Probolinggo 9 Desember 2021 - Dalam rangka Program Nasional Rehabilitasi Mangrove, PT Pelabuhan Indo....
Selengkapnya20 Dec 2021
Jakarta, 20 Desember 2021 – Sebagai bagian dari Program Sinergi Integrasi BUMN Layanan Ke....
Selengkapnya31 Dec 2021
Bali, 31 Desember 2021 - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen untuk s....
Selengkapnya29 Mar 2022
Bali, 29 Maret 2022 - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau&....
Selengkapnya04 Jan 2022
Jakarta, 4 Januari 2022 – Sebagai bagian dari keseluruhan Restrukturisasi BUMN Pelabuhan,....
Selengkapnya05 Jan 2022
Medan, 5 Januari 2022 - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) terhitung mulai tanggal 1 Ja....
Selengkapnya31 Mar 2022
MAKASSAR, 31 Maret 2022 – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu&....
Selengkapnya01 Apr 2022
Surabaya, 1 April 2022 - Merger Pelindo membawa angin segar bagi PT Pelindo ....
Selengkapnya05 Apr 2022
Surabaya, 5 April 2022 - PT Pelindo Multi Terminal sebagai s....
Selengkapnya20 Apr 2022
Jakarta, 20 April 2022 – Sebanyak total 59 Terminal Penumpang&nb....
Selengkapnya09 Jan 2022
Kuala Tanjung, 9 Januari 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo terus melakuka....
Selengkapnya27 Apr 2022
Jakarta, 27 April 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo Group....
Selengkapnya22 Apr 2022
MAKASSAR, 22 April 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo ....
Selengkapnya13 Jan 2022
Jakarta, 13 Januari 2022 – Sebagai bentuk peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan pada penggu....
Selengkapnya27 Jan 2022
Jakarta, 27 Januari 2022 — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo gelar Rapat Kerja N....
Selengkapnya27 Apr 2022
Jakarta, 27 April 2021 – Meninjau kesiapan menangani arus mudik Hari Raya....
Selengkapnya28 Jan 2022
Jakarta, 28 Januari 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan penandatang....
Selengkapnya31 Jan 2022
Jakarta, 31 Januari 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen untu....
Selengkapnya03 Feb 2022
Medan, 3 Februari 2022 - PT Pelindo Multi Terminal sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesia (Perser....
Selengkapnya08 Feb 2022
MAKASSAR, 8 Februari 2022 – Dukung kelancaran logistik dan pertumbuhan ekonomi di wilayah....
Selengkapnya09 Feb 2022
Jakarta, 9 Februari 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen dala....
Selengkapnya21 Feb 2022
Jakarta, 21 Februari 2022 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo, PT Kereta Api Indonesia....
Selengkapnya30 Apr 2022
Jakarta, 30 April 2022 - Dukung kelancaran arus mudik, Pelindo membuka....
Selengkapnya01 May 2022
Jakarta, 1 Mei 2022 – Sebanyak lebih dari 637 ribu pemudik via transp....
Selengkapnya04 May 2022
Lampung, 4 Mei 2022 – Dalam rangka mengurangi kepadatan antrian saat arus&....
Selengkapnya10 May 2022
Jakarta, 10 Mei 2022 – Dalam mudik lebaran tahun 2022, PT Pelabu....
Selengkapnya02 Mar 2022
Yogyakarta, 2 Maret 2022 – Sebagai tahap lanjutan dari aksi korporasi pasca merger Pelind....
Selengkapnya03 Mar 2022
Banyuwangi, 3 Maret 2022 - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesi....
Selengkapnya12 May 2022
Jakarta, 12 Mei 2022 – Pada triwulan pertama 2022, PT Pelabuhan....
Selengkapnya13 May 2022
Jakarta, 13 Mei 2022 - PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL menjalin kerj....
Selengkapnya17 Mar 2022
Jakarta, 17 Maret 2022 _ Paska pengalihan saham Pelindo kepada subholding PT Pelindo Solusi Log....
Selengkapnya17 May 2022
Surabaya, 17 Mei 2022 - Sejumlah upaya untuk meningkatkan produktivitas terminal peti....
Selengkapnya23 Mar 2022
Jakarta, 23 Maret 2022 – Sebagai BUMN yang memiliki kepatuhan yang tinggi dan memberikan....
Selengkapnya23 Mar 2022
Jakarta, 23 Maret 2022 _ PT Pelindo Solusi Logistik/SPSL dan PT Berlian Dumai Logistics/BDL men....
Selengkapnya21 Mar 2022
Lombok (21/03) Gelaran Moto GP Mandalika 2022 menyisakan sejumlah cerita menarik, tak hanya kesukses....
Selengkapnya28 May 2022
Jakarta, 28 Mei 2022 - Sejumlah skema pemberian relaksasi bagi para pengguna jasa pelabuhan yang ter....
Selengkapnya