Lingkup Bisnis

Bidang usaha yang dijalankan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) adalah :

Kantor Pusat

Jl. Perak Timur No. 610
Surabaya 60165 - Indonesia
Telp : +62 31 3298631-37
Fax : +62 31 3295204
Layanan Pelanggan : marketing@pelindo.co.id
atau
info@pelindo.co.id

Press Release: Rumah Sakit Terapung Obati Warga di Sekitar Pelabuhan Tanjung Perak

11-Maret-2018



Surabaya (11/3)
– Ratusan warga yang berdomisili di sekitar Terminal Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak, mendapat pengobatan gratis di Rumah Sakit Terapung yang dikelola oleh Yayasan Ksatria Medika, di Surabaya, Sabtu-Minggu (10-11/3). Kegiatan tersebut dalam rangka bakti sosial dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga dengan PT Pelindo Husada Citra (anak usaha Pelindo III yang mengelola RS PHC Surabaya).

Ketua penyelenggara acara, dr. Pudjo Hartono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga sekitar Kalimas yang telah memanfaatkan bakti sosial. “Di hari pertama kegiatan, telah dilaksanakan 17 operasi kepada pasien. 2 pasien dengan operasi besar dan 15 pasien operasi kecil telah berlangsung kemarin. Hari ini rencananya akan berlangsung khusus operasi mata," ujarnya.

Rumah Sakit terapung sendiri adalah sebuah kapal yang memiliki fasilitas layaknya rumah sakit. Berbentuk Kapal Phinisi yang dibuat oleh pengrajin asli Makassar tersebut berlayar menuju pulau-pulau terpencil untuk menjangkau masyarakat yang lemah dari sisi fasilitas kesehatan maupun ekonomi. “Kapal rumah sakit terapung ini memiliki fasilitas seperti 2 kamar operasi, ruang pulih sadar, ruang sterilisasi, ruang administrasi, ruang ganti baju kamar operasi, gudang obat, dapur, kamar tim medis, dan ruang pengemudi. RS Terapung diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan kesehatan anak bangsa di daerah tertinggal dalam mencapai prinsip Health For All," tambahnya.

Ditemui di acara yang sama, Direktur Operasional PT Pelindo Husada Citra dr. Ikawati menyampaikan apresiasi positifnya terhadap kegiatan Rumah Sakit Terapung. “PT PHC melalui unit usahanya RS PHC Surabaya, mendukung penuh bakti sosial ini dan menjadi bentuk kepedulian PT PHC pada kesehatan masyarakat kurang mampu”, jelasnya

dr. Ika menambahkan, bahwa PT PHC memberikan bantuan tenaga medis berupa dokter, perawat bedah, dan perawat anestesi, serta tenaga apoteker. Di samping itu juga menyediakan obat-obatan. RS PHC Surabaya juga menjadi Rumah Sakit rujukan pasca penanganan operasi yang dibutuhkan oleh pasien.

Kampanye Hari Anti Sampah Sedunia

Sebelumnya Pelindo III juga berkesempatan mendukung aksi kampanye pada peringatan Hari Anti Sampah Sedunia yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, Jumat (9/3). Para pegawai Pelindo III mendatangi area Car Free Day Surabaya untuk turut berkampanye tentang pentingnya merawat bumi. “Kami berharap aksi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” kata Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Daddy Sumartono.

Dalam kampanye tersebut, para peserta melakukan beberapa hal yang dapat dilihat dan sebenarnya dapat langsung ditiru oleh masyarakat. Pertama yaitu memunguti sampah – sampah yang dibuang sembarangan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa hingga saat ini kesadaran masyarakat kita untuk membuang sampah secara benar masih belum baik. Padahal apabila diamati, tempat sampah yang disediakan juga cukup banyak.

"Selanjutnya Pelindo III membagikan paper bag tebal kepada para pengunjung Car Free Day untuk membantu mewujudkan target pengurangan sampah plastik hingga 70 persen. Berbeda halnya dengan plastik yang hanya sekali pakai, paper bag dapat digunakan berkali kali, dengan begitu jumlah sampah dapat dikurangi," tambah Daddy.

Pada kesempatan tersebut insan Pelindo III bukan hanya membagikan, namun juga menyarankan agar memindahkan barang – barang belanjaan warga ke paper bag yang sudah dibagikan tersebut. Selain kampanye tersebut, kepedulian Pelindo III pada isu pelestarian lingkungan juga terlihat pada aksi penanaman mangrove di daerah – daerah pesisir untuk menjadikan area pelabuhan menjadi lebih hijau. Serta elektrifikasi peralatan bongkar muat agar lebih ramah lingkungan dalam rangka menuju green port yang akan diterapkan pada pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III.

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa Kepelabuhanan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Sekretaris Perusahaan PT PHC

Husninatul Ghassani 081349520704

 

Kepala Humas Pelindo III Tanjung Perak

Daddy Sumartono 081330444444