Lingkup Bisnis

Bidang usaha yang dijalankan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) adalah :

Kantor Pusat

Jl. Perak Timur No. 610
Surabaya 60165 - Indonesia
Telp : +62 31 3298631-37
Fax : +62 31 3295204
Layanan Pelanggan : marketing@pelindo.co.id
atau
info@pelindo.co.id

Press Release: Pemudik Kapal Laut Nikmati Fasilitas Terminal Senyaman Bandara

07-Juni-2018

Surabaya (7/6) – Ribuan pemudik kapal laut menikmati berbagai fasilitas terminal penumpang yang senyaman di bandara saat tiba di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Fasilitas modern tersebut di antaranya yaitu keran air siap minum, ruang tunggu eksklusif berpendingin udara dan berjaringan wifi gratis, playground untuk anak, pujasera (food court), ruang laktasi dan ruang lansia, dan gerai ATM.

"Bahkan kini juga tersedia SNQ Capsule Hotel atau kubikal bertempat tidur yang biasa disebut pod dan seperti yang ada di beberapa airport internasional di dunia. Dengan tarif hanya Rp 75 ribu per 6 jam atau Rp 180 ribu per hari, tamu bisa mendapatkan fasilitas televisi dengan headset, terminal USB, penyejuk udara, dan lampu baca," kata CEO Pelindo III Ari Askhara, pada acara pembagian paket sembako di Surabaya, Kamis (7/6).

Ari Askhara menjelaskan bahwa penyiapan fasilitas terminal penumpang tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Perak, tetapi Pelindo III juga memastikan kesiapan di pelabuhan-pelabuhan lain yang menjadi gerbang embarkasi dan debarkasi pemudik. Di antaranya yakni Tanjung Emas Semarang, Banjarmasin, Benoa Bali, Tanjung Wangi Banyuwangi, Sampit Kotawaringin Timur, dan Kumai Kotawaringin Barat. "Pada setiap terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo III, pelayanannya terstandarisasi, ada fasilitas ruang tunggu yang aman, nyaman, dan toilet bersih, kemudian juga ada ruang laktasi, musholla, klinik kesehatan 24 jam, serta pemberian takjil (penganan berbuka puasa) gratis untuk penumpang," jelasnya.

Kemudian juga telah disiagakan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 yang diperkuat petugas dari lintas instansi, di antaranya dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Orari, Pramuka, dan dari Pelindo III sendiri petugas operasional dan anggota Port Security Facility Officer. "Posko tersebut ada yang sudah siaga sejak tanggal 31 Mei lalu dan bertugas hingga 1 Juli. Tugas utamanya ialah demi memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan pemudik untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman, hingga kembali ke perantauan," ungkap Ari Askhara lagi.

70 Ribu Paket Sembako

Pada Ramadhan 1439 H tahun ini, Pelindo III Group membagikan hingga sekitar 70 ribu paket sembako. Penerima diutamakan dari warga yang membutuhkan yang tinggal di kawasan pelabuhan yang dioperasikan oleh BUMN tersebut dan anak usahanya di tujuh provinsi di Indonesia. "Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa tahun ini Pelindo III masih berkesempatan berbagi kepada tetangga terdekat kami, warga di sekitar pelabuhan, kepada buruh bongkar muat, petugas kepil, tenaga kebersihan, pemelihara taman, penarik becak, operator pompa, serta juga kami persembahkan pada ustaz dan keluarga pensiunan," kata Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat di acara yang sama.

Ia mengungkapkan bahwa dana yang dialokasikan untuk menyiapkan sekitar 70 ribu paket sembako untuk 7 provinsi mencapai Rp 8,8 miliar. Sementara untuk isi dari paket sembako yang dibagikan disesuaikan dengan kebutuhan warga di lokasi pembagian. Sebagai contoh untuk warga di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berisi beras 2,5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, minyak goreng 2 liter, kecap 225 mililiter, sirup 1 botol, mi instan, teh, serta beberapa kemasan biskuit.

Beberapa kegiatan sosial lain yang diadakan oleh Pelindo III Group selama bulan Ramadhan ini. Di Semarang, mengadakan Pasar Murah bersama Kementerian Perhubungan yang menjual murah 500 paket sembako seharga Rp 115 ribu dapat ditebus seharga hanya Rp 50 ribu dan hasil penjualannya disalurkan untuk bantuan ke Ponpes As Shodiqiyah senilai Rp 59,5 juta rupiah. Kemudian renovasi 11 rumah ibadah di Semarang dan bedah rumah 12 warga miskin di Cilacap. Penyerahan 1 kendaraan ambulan gratis di Cilacap dan 4 truk kebersihan untuk Pemkot Surabaya. Serta juga penyaluran santunan dan pemberian bingkisan lebaran untuk ratusan anak-anak yatim piatu di sejumlah yayasan resmi di Surabaya, Gresik, Semarang, Denpasar, dan Banjarmasin.

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Lia Indi Agustiana

VP Corporate Communication

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Jl. Perak Timur  610 Surabaya

Telp         : (031) – 3298631 sampai 37 ext. 3272

Fax          : (031) – 3295207

Email       : info@pelindo.co.id

                  lia.indi@pelindo.co.id