Lingkup Bisnis

Bidang usaha yang dijalankan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) adalah :

Kantor Pusat

Jl. Perak Timur No. 610
Surabaya 60165 - Indonesia
Telp : +62 31 3298631-37
Fax : +62 31 3295204
Layanan Pelanggan : marketing@pelindo.co.id
atau
info@pelindo.co.id

Press Release: Pelindo III Ajak Imuwan Cilik Bermain Sains di Pelabuhan

12-Maret-2018

Cilacap (12/3) – Pelindo III mengajak 150 siswa SD belajar sains (ilmu pengetahuan eksakta) melalui berbagai permainan seru di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (12/3). Tak hanya siswa, sekitar 50 guru pendamping turut serta dalam seri kegiatan Indonesia Main Sains tersebut.

"Pelindo III  sebagai BUMN yang juga merupakan agen pembangunan negara, tidak hanya membangun infrastruktur kepelabuhanan, tetapi juga membangun kapasitas generasi muda bangsa. Karena itu kami memfasilitasi kedatangan tim Indonesia Main Sains yang tahun ini diadakan di 50 kota di Indonesia, untuk juga hadir di Cilacap," kata GM Pelindo III Tanjung Intan, Budi Siswanto, dalam sambutannya.

Ia menambahkan, beberapa siswa yang turut diundang mengikuti kegiatan tersebut merupakan anak-anak dari keluarga dengan kemampuan finansial yang terbatas. "Tidak bisa dipungkiri faktor ekonomi keluarga mempengaruhi kemampuan anak mengakses sumber pengetahuan. Inilah juga mengapa komunitas bisnis seperti Pelindo III, PT Pertamina MOR IV TBBM Lomanis, PT Adhimix Precast Indonesia Batching Plant Cilacap, PT Manunggal Perkasa dan CV Oase Shorea, membantu menjembatani keterbatasan ini," katanya lagi.

Pendiri Rumah Sains ILMA Abdullah Muzi Marpaung pada acara yang sama, mengungkapkan, kegiatan Indonesia Main Sains terdiri dari pameran peraga sains dan eksperimen sains (hands-on science). Pada pameran peraga sains peserta (siswa dan guru) serta pengunjung dapat mencoba berbagai peraga atau mainan yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip-prinsip sains. Pada kegiatan hands-on sience peserta akan melakukan 10 eksperimen sains yang dipandu oleh fasilitator dari tim Indonesia Main Sains.

"Melalui kedua kegiatan ini diharapkan sains dapat lebih menghibur, menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh peserta. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi para guru untuk mengembangkan pembelajaran sains yang menarik dan menyenangkan," ungkapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Pelindo III dan berbagai perusahaan yang bekerjasama memfasilitasi kegiatan tersebut di Pelabuhan Tanjung Intan.  "Penyelenggaraan kegiatan edukatif perlu dilaksanakan secara periodik, sebagai upaya memberikan kesempatan yang sama kepada generasi penerus bangsa, untuk menjadikan sains sebagai hal yang menyenangkan dan merangsang munculnya bibit-bibit ilmuwan yang berkualitas," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi untuk merubah pandangan anak-anak, bahwa sains bukan sesuatu yang sulit dan mahal melainkan dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan seingga akan mudah dipahami oleh anak-anak.

Sementara itu, Pungky Candra, salah satu perwakilan dari guru pendamping yang hadir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pelindo III yang telah mengadakan kegiatan tersebut. “Banyak hal yang baru yang didapat selama mengikuti kegiatan. Seluruh peserta dapat mencoba hal-hal baru dari peragaan dengan benda sederhana yang bisa kita dapatkan di lingkungan sekitar. Sangat menyenangkan, mengasyikan dan memberikan pengetahuan terutama bagi kita para guru untuk kita ajarkan kepada anak didik di sekolah, terima kasih Pelindo III atas kegiatan ini dan sukses untuk kedepannya,” ungkapnya.

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa Kepelabuhanan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Afitta Suryaningrum

Corporate Communication

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Kantor Cabang Tanjung Intan

(alamat)

Telp          : 0282 -534651 - 534652/ 0282 - 534653

Fax          : 0282-534653

Email       : Afitta.suryaningrum@gmail.com