Berita Pers

Berita Pers

31 August 2019

Pelindo III Jadi Juara Umum Anugerah Humas Indonesia 2019

Tangerang (31/8) – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III meraih Platinum Winner atau menjadi juara umum untuk Kategori Best BUMN pada ajang Anugerah Humas Indonesia 2019 (AHI 2019). Ajang tersebut merupakan hajatan tahunan para praktisi humas di Tanah Air yang menjuri lebih dari 100 portfolio karya kehumasan dari sekitar 50 kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD.

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Balai Kota Tangerang, Jumat (30/8) malam, BUMN maritim tersebut secara total menorehkan 2 Gold Winner, 1 Silver Winner, dan 1 apresiasi 'BUMN Terpopuler di Media Online 2019'. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dinobatkan sebagai 'Best Leader Supporting PR & Communications' dan mendapatkan Gold Winner.

Selain penghargaan untuk dirutnya, 1 Gold Winner lain dimenangkan pada kategori 'Website Pelayanan Informasi Publik Terinovatif'. Berikutnya 1 Silver Winner untuk kategori 'Ruang Pelayanan Informasi Publik Terinovatif'. Sedangkan apresiasi 'BUMN Terpopuler di Media Online 2019' diberikan berdasarkan analisa kualitatif dari perusahaan penyedia jasa media monitoring, Indonesia Indicator.  Data diambil dari monitoring pemberitaan di 3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.

Dalam keterangannya melalui rilis pers, Doso Agung menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan padanya dan Pelindo III. Menurutnya 2 penghargaan pada AHI 2019 yang terkait kinerja Pelayanan Informasi Publik menjadi bukti konsistensi Pelindo III dalam mengomunikasikan kinerjanya di sektor maritim kepada masyarakat. Hal tersebut karena Pelindo III ditetapkan sebagai BUMN Terinformatif oleh Komisi Informasi Pusat pada tahun 2018.

“Apalagi sebagai BUMN operator pelabuhan yang berhubungan dengan berbagai pemangku kepentingan lintas sectoral, Pelindo III aktif berkomunikasi baik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan penyediaan fasilitas ruang pelayanan informasi. Hingga dengan mengoptimalkan implementasi teknologi. Misalnya pengelolaan website dan kanal media sosial,” ujarnya.

Doso Agung menambahkan, dalam menjalankan tugas pengomunikasian kinerja perusahaan, humas berperan sebagai pelaksana Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG/good corporate governance) yang salah satunya berprinsip pada aspek transparansi. Kemudian humas Pelindo III juga berkontribusi pada peningkatan maritime awareness (pemahaman pada dunia maritim) di masyarakat, terutama generasi muda bangsa Indonesia.

Hal senada disampaikan oleh fouder dan CEO PR Indonesia, institusi penyelenggara AHI 2019, Asmono Wikan, dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa di masa kini, humas merupakan bagian dari think tank (pemikir strategis) organisasi. “Karena kinerja humas berpotensi menjadi agregator kepentingan bisnis perusahaan. Maka dibutuhkan sinergi untuk membangun reputasi organisasi agar bisa terlaksana dengan optimal,” tegasnya.

Sementara itu Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, sebagai tuan rumah acara berpesan agar humas bisa turut membangun semangat kerja keras untuk negeri. “Dan tentunya semangat membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Termasuk pada upaya untuk menetralisir hoaxes (kabar bohong), peran humas sangat penting,” pesannya.

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi. Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Wilis Aji Wiranata
VP Corporate Communication
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Jl. Perak Timur  610 Surabaya
Telp         : (031) – 3298631 sd. 37 ext. 3272
HP           : 08113400440
Fax          : (031) – 3295207
Email       : info@pelindo.co.idwilis.wiranata@pelindo.co.id

file

Berita Pers: Pelindo III Jadi Juara Umum Anugerah Humas Indonesia 2019 (Unduh file)