Berita Pers

Berita Pers

06 June 2020

Nelayan Hingga ABK Antusias Ikuti Rapid Tes Gratis Pelindo 3 di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

Probolinggo (06/06). Program Bantuan 50 rapid test Covid-19 gratis yang digelar di sejumlah lokasi  oleh Pelindo 3 terus menuai respon positif dari berbagai pihak, tak terkecuali para nelayan hingga anak buah kapal (ABK) antar pulau di Pelabuhan Tanjung Tembaga kota Probolinggo.

Sabtu pagi (06/06) ratusan nelayan dan anak buah kapal atau ABK antar pulau hingga petugas kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan yang berada di Pelabuhan Tanjung Tembaga kota Probolinggo berbondong-bondong mendatangi kantor Pelindo 3 cabang Kota Probolinggo. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan rapid test Covid-19 gratis yang digelar Pelindo 3  di Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Dalam kegiatan ini Pelindo 3 sedikitnya menyediakan bantuan 3.000 alat rapid test gratis. Pihak KKP, Dinas Kesehatan hingga gugus tugas Covid-19 setempat yang membantu pelaksaan rapid test gratis pun langsung memeriksa satu per satu nelayan dan ABK yang sudah mengantri sejak pagi.

Walikota Probolinggo Habib Zainal Hadi Abidin yang menyempatkan berkunjung di lokasi kegiatan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pelindo 3 yang telah memberikan perhatian pada warga Kota Probolinggo khususnya kawasan pesisir dengan memberikan fasilitas rapid test gratis. Ini menjadi bukti kehadiran Pelindo 3 tidak hanya berkontribusi pada perekomian warga sekitar terutama nelayan namun juga manfaat lainnya yaitu kepedulian akan kesehatan warga.

“Apresiasi yang tinggi kami berikan kepada Pelindo 3 yang mana telah menyempatkan menggelar program rapid tes gratis ini, tentunya ini sangat bermanfaat untuk warga. Kita tahu Pelabuhan Tanjung Tembaga ini tempat berkumpulnya para nelayan dan ABK dari berbagai wilayah sehingga penting rasanya kita melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dengan menggelar rapid test tersebut,” ungkap Walikota Probolinggo kepada awak media.

Sementara itu Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo 3 Toto Heli yanto menjelaskan, fokus bantuan rapid test gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo 3 tidak hanya pada pelabuhan penumpang saja. Ppelabuhan nelayan seperti di Tanjung Tembaga Kota Probolinggo juga tak lepas dari perhatian. Seluruh nelayan dan anak buah kapal atau ABK pun berhak mendapat kan fasilitas yang sama dari bantuan tersebut.

“Kami terus berupaya bantuan kami ini bisa menjangkau berbagai pihak, tidak hanya penumpang kapal tapi juga para nelayan hingga anak buah kapal yang setiap harinya berkativitas di pelabuhan kami. Terlebih di Pelabuhan Tanjung Tembaga ini terdapat banyak sekali ABK antar pulau. Penting rasanya mereka bisa mendeteksi dini kondisi kesehatan mereka saat pandemi seperti ini agar mereka tetap bisa beraktivitas dengan protokol kesehatan ketat,” jelas Toto Heliyanto.

Senada dengan yang disampaikan Direktur SDM Pelindo 3, Jamal (45 Tahun) salah satu anak buah kapal asal Madura yang berada di Pelabuhan Tanjung Tembaga merasa beruntung akhirnya bisa merasakan rapid test gratis. Menurutnya, profesinya sebagai ABK dan harus berlayar selama beberapa hari membuatnya sulit untuk memeriksakan diri. Semetara mereka setiap hari harus bekerja bersama dengan banyak orang dari beberapa daerah lain.

“Alhamdulillah setelah sekian lama akhirnya saya bisa memeriksakan diri ikut rapid test gratis dari Pelindo 3 ini. Ini kali pertama saya rapid test rasanya senang sekali karena akhirnya bisa tahu kondisi kesehatan kami apalagi alhamdulillah hasilnya non reaktif,” ujar Jamal.  

Rencananya pelaksanaan rapid test gratis di Pelabuhan Tanjung Tembaga akan digelar hingga 6 Juni mendatang. Selain bantuan 50 ribu rapid test Covid-19 gratis sebelumnya Pelindo 3 juga terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 memberikan bantuan 90 ribu APD pada tenaga medis.  #CovidSafeBUMN..

 

file

Berita Pers: Nelayan Hingga ABK Antusias Ikuti Rapid Tes Gratis Pelindo 3 di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo (Unduh file)